Bedanya chiaseeds (biji chia) dan biji selasih

Beberapa waktu lalu, saya dibuat bahagia oleh postingan seorang teman yang memamerkan foto “Her first chia drink” di Path. Pasalnya, beberapa hari lalu, ia mengontak saya nanyain tempat jualan chia seed. Ah, ternyata ini pengalaman pertamanya. Jadi teringat sekitar setahun lalu saat saya pun akhirnya berkenalan dengan biji chia dan kawan-kawannya ini. Awalnya saya pikir chia seed dan selasih itu sama. Ah, ini mah saya juga sering makan bersama minuman fruit cocktail, gumam saya saat itu.

chia parfait ala adzaniah.com :D

chia parfait ala adzaniah.com 😀

Ternyata saya bersama jutaan orang-orang yang awam superfood pernah mengalami kesalahkaprahan ini. CHIA ITU BERBEDA DARI SELASIH! Hahahahahaa…. X))))

chia juga bisa dicampur dengan honey lemon shot

chia juga bisa dicampur dengan honey lemon shot

Salvia Hispanica, atau lebih dikenal sebagai biji chia atau chiaseeds, merupakan tanaman yang ternyata masih satu keluarga lho dengan Mint.

Lha terus, bedanya apa sama biji selasih?

Pertama, dalam hal cara mengonsumsi. Selasih itu hanya bisa dikonsumsi setelah direndam dalam air selama beberapa waktu. Sedangkan, Chiaseeds bisa dikonsumsi dengan ditaburkan/dicampur ke yogurt, salad, pudding, jus, rawfood, bahkan ke nasi putih, atau hanya direndam ke air putih biasa selama beberapa saat untuk kemudian bisa dikonsumsi. Bahkan dengan dicampurkan dengan air, dengan konsistensi tertentu, gel chia bisa dijadikan pengganti telur untuk membuat kue atau puding.

Kedua, warna penampakan. Selasih itu warnanya ya hitam saja. Saat kena air, maka akan muncul selaput putih bening menyelimuti biji selasih. Kalau chiaseeds, ada yang berwarna hitam, abu-abu, coklat, dan putih. Saat terkena air, maka akan muncul selaput putih menyelimuti biji chia.

Ini penampakan gel chiaseeds yang direndam dalam air

Ini penampakan gel chiaseeds yang direndam dalam air

Ketiga, nah ini yang paling menarik nih, perbedaan dalam hal kandungan atau kebaikannya. Selasih itu ternyata banyak manfaatnya. Sudah sejak lama juga menjadi obat-obatan suku Ayurvedic dan pengobatan China. Berkhasiat untuk mengurangi sakit kepala, mengurangi nyeri sendi karena asam urat, mencegah pilek. Selain itu, selasih juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan sistem syaraf. Selasih juga bermanfaat untuk melepaskan stres, sebagai aromatherapy, massage, spa, dan sebagainya. Banyaak, kaaann..

Kebaikannya Chiaseeds?

Beugh, ini lah akhirnya kenapa chiaseed digolongkan sebagai Superfood, kebaikannya segambreng banget! Chiaseeds memiliki kandungan yang jauh lebih SUPER dari hanya sekedar makanan! Oke, saya gak berlebihan. Scientific results said so, let’s count!

  • Kaya SERAT!! Sangking kaya-nya, mengonsumsi chiaseeds bisa mengakibatkan lambung jadi cepat kenyang dan bisa mengontrol napsu makan (ya iya laah, wong udah penuh lambungnya!). Akibatnya lagi, ya jelas dong, bisa mengontrol berat badan. Dan karena kekayaan serat ini, chiaseed juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Akibatnya pup jadi lebih lancar dan usus besar jadi lebih bersih serta racun jahat pun tidak mengendap. Etapi, karena kaya akan serat yang dapat larut, ia pun akan menghasilkan gas dan bikin perut terasa kembung. So, kalau mau ngonsumsi chia, mulai dari satu sendok kecil per hari dulu yaa, biar gak kaget.
  • Kaya akan Omega-3, paling tinggi kandungannya! Lebih tajir daripada kandungan Omega-3 pada Salmon. Tetapi kandungan Omega-3 nya Salmon lebih lengkap, di chia hanya ada satu dari empat asam lemak omega-3, yakni ALA (Alfa-Linolenatalpha-Linolenic). Omega 3 ini penting untuk perkembangan otak, menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, mencegah peradangan, dan bisa mengatasi alergi dan depresi.
  • Biji Chia mengandung asam lemak tak jenuh dengan banyak rantai ganda yang bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung koroner akibat banyak konsumsi makanan dengan asam lemak jenuh (kebanyakan ditemukan pada lemak hewan dan beberapa minyak nabati)
  • Mengandung sumber protein lengkap, semua asam amino penting yang mudah dicerna. Tapi karena proteinnya banyak maka mesti diimbangi ama olahraga juga yaa. Proteinnya chia juga gluten-free!
  • Kaya magnesium, lebih kaya dari brokoli (LIMA BELAS kali!!). Buat yang gak suka konsumsi sayuran brokoli, bisa kali yaa kebutuhan magnesiumnya diasup dari biji chia.
  • Kaya akan potassium atau kalium. Kalium ini salah satu mineral terbanyak di tubuh kita. Fungsi kalium banyak banget, diantaranya pembentuk sel, pembentukan organ dalam dan jaringan. Sebagai pembentuk sel, ia bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan jantung, otak, ginjal, dan kestabilan jaringan otot. Kalium berkhasiat untuk mencegah stroke, hipertensi, dan juga stress.
  • Kaya kalsium, lebih kaya dari susu. Serta mengandung mineral fosfor (phosphorous). Makanya, mengonsumsi chia baik untuk pembentukan dan penguatan gigi dan tulang, metabolisme tubuh, serta mencegah osteoporosis.
  • Mengandung triptofan, salah satu dari 9 asam amino esensial yang bermanfaat untuk membantu nafsu makan, tidur yang lebih berkualitas, juga mood yang baik.
  • Chia dapat mengontrol gula darah karena ia bisa memperlambat konversi karbohidrat menjadi gula. Sehingga energi dari makanan bisa terus dilepaskan dan menghasilkan daya yang lebih baik. Alih-alih jadi gula, eh malah jadi energi, sustainable energy! Bermanfaat banget juga nih buat yang diabetes atau terancam diabetes karena chia juga melawan resistensi insulin. Hal ini sekaligus juga mengurangi kadar kolesterol dalam darah, tentunya.
  • Gel chia bisa menghidrasi tubuh. Jadi, ga perlu khawatir dehidrasi abis mengonsumsi chia yaa J Nah, sifat gel yang bisa menjadi pengikat ini juga bermanfaat untuk mengikat toksin (racun jahat) dalam empedu dan usus untuk dibawa keluar. So, chia ini juga baik untuk proses detoksifikasi tubuh.
  • Bisa berfungsi sebagai antioksidan, membantu meredakan peradangan, mencegah kanker, sebagai anti-aging (healthy skin, hair, and nails), kaya zat besi dan vitamin C.

Jika biji selasih lebih dikenal pada manfaatnya untuk efek mendinginkan minuman atau menjadi peramai suatu hidangan, maka biji chia bisa digunakan untuk fungsi yang sama namun juga sekaligus sebagai energy booster. Well, keduanya punya manfaatnya masing-masing, sama-sama kaya, sama-sama membuat makanan kita menjadi lebih sehat! They are reffered to as “wonder foods” because both are whole and natural, with maximum nutrients and minimum calories.

chia oatmeal

chia parfait ala adzaniah.com :D

chia parfait ala adzaniah.com 😀

Kalau saya, paling suka menyampurkan chia pada smoothies, honey lemon, atau dibikin chia parfait. Yuk hidup lebih sehat! 😀

Jangan sampe kayak gini yaah, gaess... x))))

Jangan sampe kayak gini yaah, gaess… x))))

*diolah dari berbagai sumber

Advertisements

18 comments

  1. linda · February 3, 2016

    good info Sis. beli di mana ya?

    Like

    • adzaniah · April 12, 2016

      Belinya bisa dimana2 sis. Skrg udah banyak dijual di supermarket2 atau hypermarket besar.. Atau bisa juga di toko online udah banyak yg jual jg koq.. 🙂

      Like

      • Luki · November 23, 2016

        Memang benar Chia Seeds sangat berkhasiat … Kholesterol saya cenderung tinggi Dan Sudah pernah operasi jantung . Ketemu Chia Seeds semuanya jadi ringan , kholesterol jadi menurun , BAB lancar , Nafas jadi ringan ..bener bener bersyukur . Setiap hari mengkonsumsi sekitar 1 s/d 2 sendok makan yg saya campur kan didalam Botol air minum.

        Like

  2. Retno · April 12, 2016

    Kalo mau beli di mana ya di indonesia? Nyari nyari tapi gak ketemu ketemu sama si chia seed 😢
    Ada yang jual ditoko gitu gak ya?

    Like

    • adzaniah · April 12, 2016

      Hi Retno, banyak koq. Chia seeds skrg bisa di temukan di supermarket2 ataupun hypermarket2 besar.. Yang jualan di online jg sudah banyak.. 🙂

      Like

  3. Hariyo · May 2, 2016

    artikel yang sangat menarik dan sangat informatif.

    bagi yang membutuhkan chia seeds kami menyediakannya. Silahkan kunjungi https://www.tokopedia.com/sukasehatshop

    Salam Sehat dan Sukses Selalu

    Like

  4. Elmahelma · June 16, 2016

    Beli di COSWAY jg ada.

    Like

  5. Novi · July 4, 2016

    Kalau untuk penderita maag bagaimana ya? bisa untuk pengobatan juga kah?
    Saya sakit maag, makan apapun sakit melulu, tiap lapar harus lgsg makan, akibatnya makin melar deh badan. happy banget kalau chia seed bagus untuk sembuhin maag dan bs buat pengganti cemilan tiap lapar..

    Like

    • adzaniah · November 24, 2016

      I think it’s good for you too.. krn kandungan chiaseeds yang banyak serat bikin cepet kenyang 🙂

      Like

  6. Sely · August 2, 2016

    Artikelnya bagus. Bahasanya ringan tapi berisi. Kliatan kalo observasi n ngumpulin fakta dl sebelum ditulis. Good job….

    Like

  7. Dwi Sari (@Ki_seKi) · August 3, 2016

    Hahahaha bedaaaa ya ternyata, abisss kemarin beli botolnya begini tulisannya “Chia Seed” atau selasih. Eaaaa -_-

    Like

  8. Imel lyro · August 3, 2016

    Aku biasa beli titip sama temen 1 KG yg organic Rp. 375.000
    Yg mau ikutan titip boleh hubungin aku ke nomor ini 081321998767, soalnya kalo beli banyak bisa kurangan … Lumayan kan klo beli joint2an 🙂
    Salam sehat selalu

    Like

  9. ZIpora · November 4, 2016

    Aq jual chia seed dgn harga yg murah dan baik. Hub i sy y di email : ziporay@yahoo.com

    Like

  10. Anita · November 5, 2016

    Klo beli disupermarket adanya dibagian apa? bumbu atau makanan ya

    Like

    • adzaniah · January 1, 2017

      Ada di bagian makanan biasanya.. di deretan sarapan seperti sereal Coco Crunch dkk..

      Like

  11. Indah Wang · November 21, 2016

    Kalo gabung chia seed dan selasih dalam botol air bisa kah sis?

    Like

  12. Dance Dirgantara · November 24, 2016

    Buat yang nyari chia seed, bisa coba ke gogobli.com/natures-energy . Terimakasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s