Antrean Panjang Dokter Beken

Seperti yang sudah diceritakan di postingan sebelumnya bahwa dokter kandungan yang kami pilih ini kebetulan cukup banyak direkomendasikan oleh para ibu ibu hamil se Bekasi. Boleh dibayangkan saban kontrol ke dokter ini, antrean pasiennya cukup banyak.

Biasanya kami check up itu di akhir pekan (Sabtu) karena kan kami berdua kerja dan lokasi kantor (gueeee) yang jauh dari RS. Kira kira begini proses yang saban cek kandungan kami lewati:

Suami dateng duluan skitar jm 6an ke RS untuk ambil nomer antrean. Mungkin karena sangking banyaknya, kupon antrean dokter Yuditya ini beda ama antrean dokter dokter lain. Sepagi paginya suami gue dateng, belum pernah dia dapet nomor antrean single digit, jadi yang dateng lebih pagi dari dia, banyak!!

Gue akan nyusul sekitar sejam kemudian agar bisa ditimbang dan dicek tensi, lalu dicatat dan buku hijau (semacam buku pasien untuk pantau catetan dokter gitu lah). Kemudian itu buku ditumpuk di antrean untuk pemanggilan di ruang konsultasi dokter.

Nah itu kira kira jam 7-8an.

Dokter mulai prakter jam 8 pagi. Sepanjang pengalaman gue kontrol, beliau kayaknya ga pernah telat ya, ada juga datang lebih pagi. Biasanya kita masih nunggu antrean untuk timbang dan cek tensi, dia udah lewat untuk masuk ke ruang konsultasi.

Setelah itu, gue dan suami sarapan dulu. Biasanya gue bawa dari rumah, atau pernah juga kami sarapan di depan RS. Banyak yang jualan gitu kalau pagi pagi. Di gedung rawat jalan lt 3 sebenernya ada kafetarianya juga tapi gak banyak pilihan dan cenderung mahal.

Lalu kami kembali ke area tunggu di depan ruang konsultasinya dan ngecek kami di urutan ke berapa. Yep, hanya untuk beberapa dokter yang pasiennya membludak saja yang sampe ditempelin kertas berisi list urutan pemanggilan pasien. 😆😆😆

Sanking lamanya nunggu panggilan, di bulan awal awal gitu gue dan suami suka bawa laptop. Meen, nunggu antreannya ini itungannya jam yaa.. Tapi selalu berujung main hape aja sih sambil nungguin panggilan hahahah… Gaya doang lah workaholic tapi kenyataan gak segitunya koq x)))

Di bulan bulan akhir gue malah baru ngeh kalo jadwal kontrol gue itu barengan ama jadwal senam hamil. Jadilah selama nunggu itu, gue bahkan sempet senam hamil dulu dari jam 9-10 pagi di lantai 5 hahahaa… Biasanya nama gue dipanggil sekitar jam 10.30-12.00. Itu udah lumayan lhoo!!

Gue pernah suatu kali datang Sabtu sore (hampir manghrib) untuk ngambil kopi data dan itu pas antrean pasien terakhir dipanggil. Goks!! Mungkin tuh pasien datengnya jam 11an kali ya.

Setelah dipanggil masuk ruang konsultasi, semua berjalan efektif efisien. Gue langsung disapa “Apa kabar Nov?” oleh pak dokter. Lalu dipersilahkan langsung berbaring untuk dicek USG 4D (pas masih minggu minggu awal masih 2D ya). Dokter Yuditya langsung menyampaikan informasi yang muncul di layar. Biasanya soal suara detak jantung janin, ukuran kepala, beberapa organ yang sudah mulai terbentuk, suara aliran darah, dll dsb. Beliau juga akan menyampaikan hal hal yang sekiranya perlu perhatian. Misalnya di kasus gue adalah berat badan janin di bawah rata rata tapi masih di rentang normal. So, dia menyarankan agar gue lebih banyak lagi makan dan minum air putih 3 liter per hari, minum susu (any brand boleh), makan/minum yogurt, dll dst. Setelah itu, dia print beberapa hasil foto USGnya (versi 2D).

Lalu gue dan suami biasanya nanya nanya lagi apa apa aja yang menjadi kekhawatiran kami atau kegalauan mengenai suatu hal terkait kehamilan. Beberapa dijawab dengan jelas, beberapa cuma ditanggapi ketawa doang. Pernah gue coba probing (yaa dooongg, percuma jd anak kuali tapi ga dipraktekan di mari), tapi hasilnya bukan juga suatu penjelasan panjang lebar tapi kita jadi yakin ga ada yang perlu dikhawatirkan.

Setelah beliau meresepkan obat/vitamin buat gue, then kami pun selesai konsultasi. Sering nih ya, gue dan suami kayak masih mau nanya nanya tapi karena antrean masih panjang banget, beliau pun udah langsung menjulurkan tangan untuk berjabat tanda selesai konsultasi. Pokoknya di dalam ruang konsultasi itu bentar banget, hanya sekitar 4-5menit saja di hari Sabtu. Kita pernah dateng kontrol di hari kerja, itu di dalem ruangan bisa sampe 6-7 menit. Ya mungkin karena semuanya normal normal aja yaa, jadi ya ga perlu lama lama juga.

Beliau juga pun memberikan nomor kontak WA jika kita masih mau nanya nanya di luar waktu konsultasi rutin. Gue pernah nanya soal rekomendasi obat pilek dan dijawab oleh beliau. Beberapa kali gue pernah nanya hal lain juga tapi ga dibalas jadi gue asumsikan hal tersebut masih dalam batas aman/gak perlu dikhawatirkan.

Nah, selesai dari ruang konsultasi. Kami mesti ambil nomor antrean untuk ke farmasi, lalu antre lagi untuk membayar, dan terakhir antre lagi untuk pengambilan obat dari farmasi. Tiga antrean terakhir ini bisa sangat bikin frustrasi kalau udah sampe sejam atau bahkan tiga jam.. Yes, kami pernah ngalamin itu! Gila banget emang nih rumah sakit! Perlu ada bagian yang dievaluasi mestinya biar bisa lebih efektif dan efisien.

Kami masih diminta datang sebulan sekali sampe di week 36. Selanjutnya per dua minggu atau sampai terasa kontraksi.

Setelah lahiran, kami hanya diminta datang satu kali saja seminggu setelah lahiran. Pada saat itu, Dokter Yudith akan USG mengecek posisi rahim dan sekitarnya lalu kemudian kita foto bersama. Mungkin karena tiap pasien hampir selalu minta foto bareng, tim susternya pun juga udah sigap. Kelar cek USG, lalu ditanya tanya mastiin everything’s alright, then susternya akan minta HP kita buat foto bareng.

Dokter juga menawarkan jika kita mau ngopi data hasil USG selama kehamilan, kita bisa kasih CD kosong ke tim susternya. Cool!!

Overall, meski antreannya super panjaaang, tapi kami sangat puas dengan bantuan Dokter Yudith dan tim susternya ini. Highly recommended buat orang orang yang (mau melatih) sabar 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s