Kenapa ke feto?

Itu pertanyaan yang sering dilontarkan setelah gue bilang kalo gue kontrol rutin kandungan ke Dr Yuditya Purwosunu, PhD yang juga seorang Fetomaternal.

Biasanya buibu hamil kontrol ke fetomaternal secara rutin jika kehamilannya masuk kategori beresiko. Misalnya pernah ada riwayat keguguran, ibu berusia >35 tahun, pernah punya penyakit tertentu, dll. Jadi diperlukan pemantauan yang intensif secara rutin oleh seorang dokter fetomaternal. Tapi, buibu hamil juga biasanya direkomendasikan mengunjuki dokter feto secara ga rutin (cuma sekali biasanya) jika hanya mau dicek menggunakan USG 4D sehingga dokter langganan kita bisa menganalisis resiko di bulan tertentu (biasanya di akhir trisemester 2 atau awal trisemester 3).

Jadi awalnya, setelah tahu bahwa gue hamil, suami dan gue langsung browsing tentang dokter kandungan yang oke! Artinya memang diakui oleh banyak orang kapabilitasnya dan juga beberapa traits yang kita pertimbangkan karena ini adalah kehamilan pertama dan kami berdua like have no idea banget. So butuh dokter yang mampu meyakinkan kami, ga bikin panik, informatif, muda (penting nih krn biasanya mereka lebih uptodate ama hal hal yg sifatnya kekinian).

Pertama kali ke dokter kandungan itu ga pake pilih dokter tapi pilih rumah sakit yg ada dokter kandungannya di hari Minggu. Kebetulan saat itu kami ada waktunya di hari Minggu. Baru tahu juga kalau ternyata kebanyakan dokter gak praktek di hari Minggu 😅

Saat itu dapet dokter yang buat kami kurang meyakinkan dan pokoknya kami kurang sreg lah ama dia.

Dari situ bener bener lebih serius nyari rekomendasi dokter bermodalkan Gooogling dan tanya sana sini. Saat itu kami juga sudah memutuskan untuk nyari dokternya yang di Bekasi saja agar lebih dekat ke rumah orangtua gue, tempat kami rencana akan tinggal setelah gue melahirkan.

Hasil browsingan dan tanya sanasini, muncul lah nama Dr Yuditya Purwosunu yang berpraktek di poli eksekutif RS Hermina Bekasi. Banyak yg bilang dia juga praktek di RS lain tapi karena Hermina Bekasi itu yang paling dekat dari rumah so kami pilih di sana. Yang kebetulan adalah seorang dokter fetomaternal.

It’s then a plus ya karena selama konsultasi rutin, beliau cukup teliti dan kami pun puas meski durasi konsultasinya sangat sebentar, hehehe… Intinya setiap kami punya keluhan atau pertanyaan atau kekhawatiran, semua ditanyakan saat konsultasi tersebut dan dijawab dengan lugas oleh beliau jadi kami pun gak banyak parnoan. Santai banget, aselik!

Berhubung memang banyak yang merekomendasikan beliau, jadi bisa dibayangkan pasien beliau itu ya banyak.. banyak sekali malah! Antreannya selalu melewati jam resmi prakteknya… sangking lamanya kalau lagi antre, kami pernah sampai pada tahap mempertimbangkan untuk ganti dokter. Tapi karena sudah sreg ama beliau yasudah, disabar sabarin aja deh yaaaa hahaha…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s